Jumaat, 27 Mei 2016

BENARKAH DIRIWAYATKAN DALAM SHAHIH BUKHORI?


Soalan :
Mohon pencerahan ttg amalan zikir di bwh. Sohih atau tidak hadisnya..?

AMALAN ZIKIR HARIAN DARI KALIMAH-KALIMAH YANG AGUNG

Diriwayatkan dalam “Shahih Bukhari” bahwa suatu ketika datang seorang lelaki mengeluhkan keadaannya kepada Rasulullah saw. Ia berkata, “Dunia ini telah berpaling dariku dan yang telah kuperoleh dari tanganku sangatlah sedikit.” Rasulullah saw bertanya kepadanya, “Apakah engkau tidak pernah membaca doanya para Malaikat dan tasbihnya seluruh makhluk yang dengan itu mereka mendapat limpahan rezeki?” Lelaki itu bertanya, “Doa apakah itu wahai Rasulullah?”

Rasulullah saw menjawab, “Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim, dan beristighfarlah kepada Allah sebanyak seratus kali diantara waktu terbitnya fajar hingga menjelang waktu shalatmu, dengan itu dunia akan tunduk dan merangkak mendatangimu, dan Allah menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat dan untukmu pahalanya.”

__________

Jawapan :

• Hadis diatas disusun dengan cara seberangan oleh orang yang "tidak berdisiplin" dalam mnyampaikan matan hadis, dan berani menggabung kan hadis dari berbagai jalur riwayat sehingga matan hadis menjadi kucar kacir, dan mnyandarkan keatas riwayat Imam Al Bukhori sahaja.

• Berkaitan tambahan kalimat " Allah menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat dan untukmu pahalanya.”....
saya tidak pernah menjumpai tambahan kalimat itu dalam Shahih Al Bukhori. Barangkali saya terlupa kalimat itu atau barangkali saya terlepas pandang atau barangkali memang tidak ada kalimat itu dalam Shahih Al Bukhori. Kecelaruan ada 2.
Pertama, penciptaan malaikat dari kalimat tasbih manusia, ini bertentangn dng hadis shahih yg meriwayatkn penciptaan malaikat dari cahaya, lihat HR. Muslim dalam shahihnya, no. 2996, Ahmad no.24668, Baihaqi di Sunan Kubro, no. 18207, dan IbnuHibban, no. 6155) .
Kecelaruan kedua, pahala tasbih amalan malaikat namun manusia yg mmperolehinya. Saya belum pernah mengetahui adanya undang-undang seperti itu. Wallahu a'lam.

• Berkaitan ahli fuqara(org miskin) yang menemui Nabi. Hadis tersebut diriwayatkan Imam Al Bukhori dalam kitabnya dari jalur Abu Hurairah (Shahih Al Bukhori 843). Dalam hadis ini, Nabi memerintahkan untuk untuk bertasbih, bertahmid, dn bertakbir seusai shalat., hadis ini dikeluarkan juga oleh An Nawawi dalam Riadhush-Sholihin(1426)

• Berkaitan istighfar 100 kali. Benar, hadis tersebut dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam kitabnya (no. 2701 (42)  dari jalur Al Muzani, dan dikeluarkan juga oleh An Nawawi dalam Riadhush-Sholihin (1878)

• Berkaitan kalimah "subhanallahi wabihamdihi subhanallah hil adzhim". Benar, hadis tersebut seperti ini :
Dari Abu Hurairah radliyallahu'anhu, ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada dua kalimat yang disukai Ar Rahman, ringan di lisan dan berat di timbangan, yaitu
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ
(Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil a'dzim)"maha suci Allah dan segala puji bagi Nya, Maha suci Allah yang Maha Agung".

Hadis Shahih diriwayatkan Al-Bukhori (7563), Muslim (4860), At-Tirmizi (3467), Ibnu Majah (3806), Ahmad (6870)]

Wallahu A'lam.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan